Home » » Pengertian Email (Electronic Mail)

Pengertian Email (Electronic Mail)

Written By Admin on Jumat, 05 Oktober 2012 | 01.16

Email atau e-mail merupakan kependekan dari kata Electronic Mail yang artinya surat elektronik. Email merupakan suatu metode untuk membuat, mengirimkan atau menyimpan komunikasi manusia berbasis teks dengan menggunakan sistem komunikasi digital.

Pengertian Email (Electronic Mail)
Lebih spesifik lagi, email diartikan sebagai cara pengiriman data, file teks, foto digital, atau file-file audio dan video dari satu komputer ke komputer lainnya, dalam suatu jaringan komputer (intranet maupun internet).
Seperti halnya alamat rumah seseorang yang terdiri dari nama dan tempat tinggal. Coba perhatikan alamat email berikut ini:
johan@unib.ac.id
ada dua bagian yaitu johan yang merupakan nama pemilik email itu dan unib.ac.id yaitu tempat email itu disimpan. Kalau dibaca kira-kira bunyinya jadi johan[at]unib.ac.id yang artinya fastergroupbengkulu di ]blogspot.com.

Kelebihan Email
Pengiriman email tidak memerlukan amplop dan perangko serta pembuatannya tidak memerlukan pulpen, kertas, maupun tinta printer seperti halnya surat konvensional. Proses berkirim email pun dapat dilakukan dengan sangat cepat ke seluruh dunia sehingga dapat menghemat uang dan waktu dalam berkirim surat.

Selain itu, pengiriman email dapat dilakukan dengan mudah setiap saat dan di mana pun kita berada. Oleh kerena itu, tidak heran jika kemudian teknologi email menyebar luas dengan cepat, khususnya untuk keperluan komunikasi dalam dunia bisnis maupun komunikasi personal.

Kelemahan Email
Selain mempunyai beberapa kelebihan dibanding surat konvensional, email mempunyai beberapa kelemahan, di antaranya adalah sebagai berikut.
  • Memungkinkan terjadinya pemalsuan identitas. Hal ini karena kemudahan proses pembuatan alamat email dapat membuat orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan keadaan ini dengan membuat email beridentitas palsu untuk keperluan-keperluan yang bersifat negatif. Misalya, untuk melakukan penipuan atau yang lainnya.
  • Memungkinkan proses penyadapan informinnya.
  • Memungkinkan terjadinya penipuan.
  • Memungkinkan penyalahgunaan dokumen, khususnya jika terjadi kesalahan pengiriman email.
  • Memungkinkan terjadinya ketidaknyamanan ketika mengelola email. Hal ini terutama disebabkan banyaknyaemail sampah (junkmail/spam) berupa iklan-iklan yang tidak kita harapkan.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Product :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Inhil Media - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger